Cara Sederhana Menghindarkan Tubuh dari Serangan Jantung Saat Usia Muda

Cara Sederhana Menghindarkan Tubuh dari Serangan Jantung Saat Usia Muda

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan. Saat ini tak hanya menyerang orang yang sudah erumur tua saja melainkan banyak yang menyerang orang yang berusia muda. Ada berbagai hal yang menyebabkan manusia diusia muda sudah terkena penyakit jantung bahkan menyebabkan kematian mendadak yang diakibatkan oleh serangan jantung. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ini tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Jaga Berat Badan

Cara pertama untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan jantung adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Bukan karena untuk membuat menjaga penampilan melainkan untuk menjaga kadar lemak jahat yang ada pada tubuh. Salah satu penyebab serangan jantung secara mendadak adalah lemak yang ada pada tubuh berada diatas batas wajar. Lemak yang tertimbun bisa membahayakan kesehatan jantung apalagi dengan lemak yang tertimbun didaerah sekitar perut. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selalu kontrol dan jaga berat badan agar tetap ideal.

Hindari Junk Food

Dewasa ini semakin banyak saja jenis makanan cepat saji yang beredar dipasaran. Rasanya yang enak, waktu penyajian yang cepat hingga cara penyajian yang unik pastinya akan membuat para konsumen ingin mengkonsumsi makanan yang satu ini. Namun sebenarnya ada banyak sekali penyakit yang bisa ditimbulkan oleh makanan cepat saji dikarenakan makanan ini mengandung kadar kolesterol yang tinggi dimana kolesterol ini merupakan lemak jahat yang bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari ataupun mengurangi makanan cepat saji ini saat ini juga.

Hindari Stress

Stress merupakan salah satu kondisi yang juga bisa sangat menganggu bagi kesehatan dan kesehatan tubuh. Saat tubuh mengalami kondisi yang stress akan mengakibatkan hormone kortisol pada tubuh meningkat dan menjadi berlebihan. Dengan meningkatnya hormone ini membuat pembuluh darah menjadi kaku dan bisa mengakibatkan serangan pada jantung. Untuk menghindari gangguan jantung yang bisa menyerang kapan saja ada baiknya untuk membuat tubuh selalu dalam kondisi yang relax. Kurangi aktivitas yang menggunakan tenaga ekstra dan luangkan waktu untuk membuat badan kembali free lagi.

Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan serangan jantung secara mendadak. Tekanan darah akan dikatakan normal jika seseorang memiliki tekanan darah sistolik berada di angka kurang dar 130 sedangkan untuk tekanan darah diastolic berada di angka 81-84. Jika tekanan darah melebihi batas normal ini ada baiknya untuk segera menurunkan tekanan darah ini. Selalu cek tekanan darah secara berkala untuk membuat anda tahu bagaimana kondisi tekanan darah anda.